Rabu, 24 April 2013

Sejarah World Wide Web/Www

 Sejarah World Wide Web/Www

Tim Berners-Lee
Tim Berners-Lee, Bapak World Wide Web, menciptakan World Wide Web pada tahun 1989, sekitar 20 tahun setelah koneksi pertama didirikan atas apa yang sekarang dikenal sebagai Internet. Pada saat itu, Tim adalah seorang software engineer di CERN, laboratorium fisika partikel besar di dekat Jenewa, Swiss. Banyak ilmuwan berpartisipasi dalam eksperimen di CERN untuk waktu yang lama, kemudian kembali ke laboratorium mereka yang tersebar seluruh dunia. Para ilmuwan bersemangat untuk melakukan pertukaran data dan hasil, namun mengalami kesulitan melakukannya. Tim memahami kebutuhan ini, dan memahami potensi yang belum terealisasikan dari jutaan komputer yang terhubung bersama-sama melalui Internet.

Tim mendokumentasikan apa yang menjadikan wujud dari World Wide Web dengan pengajuan proposal kepada manajemen-nya di CERN, pada akhir 1989, proposal ini menspesifikasikan satu set teknologi yang akan membuat internet benar-benar dapat diakses dan berguna untuk orang banyak. Percaya atau tidak, proposal awal Tim seketika tidak diterima. Namun, Tim bertahan. Pada bulan Oktober tahun 1990, ia telah menentukan tiga teknologi fundamental yang tetap menjadi dasar dari Web saat ini :

    HTML: HyperText Markup Language. Format penerbitan untuk Web, termasuk kemampuan untuk melakukan format dokumen dan link ke dokumen lain dan resource lainnya.
    URI: Uniform Resource Identifier. Semacam "alamat" yang unik untuk setiap sumber daya yang ada di  Web.
    HTTP: Hypertext Transfer Protocol. Memungkinkan untuk pengambilan resource yang terhubung dari seluruh jagat raya Web.

Tim juga menulis editor atau browser halaman web pertama ("WorldWideWeb") dan server web pertama ("httpd"). Pada akhir tahun 1990, halaman Web pertama disajikan. Pada 1991, orang di luar CERN bergabung dengan komunitas Web baru. Sangat penting bagi pertumbuhan Web, saat CERN mengumumkan pada bulan April 1993 bahwa teknologi World Wide Web akan tersedia bagi siapa saja untuk digunakan secara gratis dan bebas royalti.



Sejak saat itu, Web telah mengubah dunia. Web boleh dibilang telah menjadi media komunikasi yang paling kuat di dunia yang pernah dikenal. Walaupun hanya 25% dari orang-orang di planet ini yang menggunakan Web dan Web Foundation berusaha terus untuk mempercepat pertumbuhan ini secara substansial, Web telah mengubah cara kita mengajar dan belajar, membeli dan menjual, menginformasikan dan diinformasikan, setuju dan tidak setuju, berbagi dan berkolaborasi, bertemu dan bercinta, dan mengatasi masalah mulai dari meletakkan makanan di meja kita sampai bagaimana cara menyembuhkan kanker.

Tim Berners-Lee dan yang lainnya menyadari bahwa agar Web bisa mencapai potensi penuh, teknologi yang mendasarinya harus menjadi standar global, yang diimplementasikan dengan cara yang sama di seluruh dunia. Oleh karena itu, pada tahun 1994, Tim mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) yang merupakan dijadikan sebagai tempat bagi para pemangku kepentingan untuk mencapai konsensus seluruh spesifikasi dan pedoman untuk memastikan bahwa Web bekerja untuk semua orang dan bahwa Web berkembang secara bertanggung jawab. Standar W3C telah meng-enable World Wide Web bagi informasi dan orang banyak, dan set kemampuan yang semakin kaya, yaitu Web 2.0 (personal dan dinamis), Web 3.0 (sebuah Web semantik dari linked data), layanan Web, akses suara, akses mobile, aksesibilitas untuk para penyandang cacat dan bagi orang-orang berbicara dalam banyak bahasa, grafis dan video yang kaya, dll. Yayasan Web mendukung pekerjaan W3C untuk memastikan bahwa Web dan teknologi yang mendukung itu semua tetap gratis dan terbuka untuk semua.

Dengan lebih dari 1 triliun halaman publik pada tahun 2008 dan 1,7 miliar orang di Web pada tahun 2009, kita tidak benar-benar mengerti bagaimana potongan-potongan ini bekerja sama dan bagaimana untuk lebih meningkatkan Web ke masa depan. Pada tahun 2005, Tim dan rekan-rekannya memulai Web Science Trust (WST). WST membangun sebuah komunitas, peneliti internasional multidisiplin untuk memeriksa World Wide Web sebagai "humanity connected by technology". WST menyatukan ilmuwan komputer, sosiolog, matematikawan, ahli kebijakan, pengusaha, pengambil keputusan, dan banyak orang lain dari seluruh dunia untuk lebih memahami web saat ini dan untuk mengembangkan solusi untuk membimbing penggunaan dan desain Web di masa mendatang. Web Foundation yakin disiplin Ilmu web sangat penting untuk memajukan Web, dan mendukung upaya WST untuk membangun dan mengkoordinasikan ini menjadi bidang studi baru.

Sebagian besar sejarah dari Web ada di depan kita. Web jauh dari mencapai potensi penuhnya sebagai agen pemberdayaan untuk semua orang di dunia. Akses web melalui 4 miliar lebih telepon seluler yang ada di seluruh dunia adalah merupakan kesempatan yang luar biasa. Teknologi Web baru akan memungkinkan miliaran orang saat ini diluar dari komunitas Web untuk bergabung.

Sumber :

http://www.w3.org/History.html
http://www.w3.org/2004/09/W3C10.html
http://www.w3.org/People/Berners-Lee/Weaving/Overview.html
http://kimchiofmyheart.blogspot.com/2012/12/sejarah-world-wide-web.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda di Sini, dan di Harapkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baku dan Sopan, Demi Kenyamanan Bersama Terimakasih.

Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Memuat...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Sponsered by Free Blog templates | Blog Tips by Best Blogging Tutorials