Senin, 20 Mei 2013

Menganalisa Kerusakan Pada Komputer

Menganalisa Kerusakan Pada Komputer

Menganalisa keruasakan pada komputer

Kerusakan Laptop/notebook secara umum bisa kita analisa dan anda wajib mengetahui hal ini sebelum anda memutuskan untuk service ke tempat service laptop anda.

Kerusakan yang biasa terjadi secara umum bisa kita analisa sebagai berikut :



    Kerusakan Pada Keyboard Laptop / NoteBook / NetBook : salah satu / beberapa Tuts keyboard tidak berfungsi, keluar beep panjang seakan-akan tuts terpencet terus, kursor bergerak sendiri dankonsleting kabel keyboard tidak berfungsi sama sekali. Untuk Memastikan anda bisa gunakan Keyboard USB PC jika dengan keyboard tersebut bisa berjalan dengan normal berarti keyboard laptop / notebook / netbook anda rusak, akan tetapi jika sama tidak berfungsi kerusakan bukan pada keyboard bisa jadi IC IO anda bermasalah.

    Kerusakan Pada LCD Layar laptop / notebook / netbook : Blank atau nyala tapi tidak ada tampilan, Tampilan garis vertikal, tampilan garis horizontal, pecah fisik, gambar acak, gambar buram. untuk memastikan LCD laptop / notebook / netbook anda silahkan sambungkan LCD extenal/LCD PC ke laptop anda.

    Kerusakan Pada Memori : Ditandai dengan blank nyala tidak tampil, beep berulang-ulang, bluescreen pada saat masuk windows, Installasi windows gagal terus. anda bisa lakukan pengetesan dengan software testmem++

    Kerusakan Pada Hardisk : Ditandai dengan loading windows lambat, bunyi yang kasar, restart pada saat loading windows. Untuk memastikan keruaskan ini anda bisa lakukan pengetestan dengan software surface scan.

    Kerusakan Pada DVD/CDR : Tidak bisa membaca CD/DVD, Lampu indikator DVD Mati.
    Kerusakan Pada Charger Laptop : Lampu indikator Mati, pada saat di colokkan ke laptop tidak ada respon pengisian baterai.

    Kerusakan Pada IC regulator power supplai : Mati total, Di hidupkan hanya nyala beberapa saat, charger di colokkan indikasi lampu pada charger malah mati.

    Kerusakan Pada Chipset VGA : BLank / tidak ada tampilan walaupun laptop nyala, Di bagian bawah laptop temperatur panas, tampilan gambar pecah-pecah seperti Driver VGA belum terinstall, pada saat menjalankan apllikasi Game/photoshop,coreldraw, 3D laptop langsung restart/mati.

Semiga tulisan ini dapat bermanfaat dan menjadikan analasi awal/umum sebelum anda memutuskan untuk membawa ketempat perbaikan Laptop / perbaikan notebook / perbaikan netbook. Dari tulisan diatas ada beberapa yang bisa anda lakukan sendiri untuk melakukan pengecekan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda di Sini, dan di Harapkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baku dan Sopan, Demi Kenyamanan Bersama Terimakasih.

Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Memuat...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Sponsered by Free Blog templates | Blog Tips by Best Blogging Tutorials