Senin, 20 Mei 2013

Menganalisa Kerusakan Pada Leptop

Laptop Sering Hang, Sering Restart Sendiri, Layar Biru Dan Tidak Bisa Di Instal OS

Analisa Kerusakan Laptop
Memeriksa Software Laptop;
  1. Untuk Analisa kerusakan laptop yang pertama adalah memastikan apakah yang rusak adalah software,cobalah hidupkan Laptop tanpa menggunakan hardisk.
  2. Hidupkan Laptop lalu masuk ke bios setup(F2/F10/delete) ubah settingan BIOS mode default (tekan f9 kemudian tekan F10 untuk menyimpan pengaturan dan enter). Gunakan Hirent boot utility (tekan f12 untuk merubah boot option-boot from cd-pilih xp mini) jalankan windows mini dari cd,lakukan pengecekan,jika tidak ada masalah kemungkinan besar permasalahan ada pada HDD atau software windows.
  3. Lakukan install ulang windows jika masih bermasalah coba jalannkan dengan menggunakan HDD lain. Jika normal berarti permasalahannya terjadi pada HDD. Jika Analisa kerusakan laptop tersebut diatas sudah dilakukan ternyata masih bermasalah, kita lakukan analisa berikutnya.

Memeriksa Hardware Laptop.

Untuk memeriksa kerusakan hardware silahkan lakukan langkah-langkah berikut;
  1. Analisa kerusakan laptop berikutnya adalah cobalah lepaskan semua perangkat kersas seperti; (hard disk, DVD optick, Keyboard, Layar Lcd, Batrei). Lalu hidupkan Laptop dengan menggunakan Lcd external,keyboard external dan Hard disk. Jika Laptop berjalan dengan normal, berarti salah satu device yang anda lepas bermasalah,sehingga menyulut ICH chip stop working/Protect error. Jika demikian coba pasang perangkat satu per satu lalu tes lagi. Setiap memasang satu perangkat kembali, lakukan tes lagi. Dengan demikian anda akan menemukan dimana letak masalahnya.
  2. Jika prosedur diatas telah dilakukan tetapi kerusakan Laptop tidak ditemukan, Analisa Kerusakan Laptop selanjutnya adalah hampir dipastikan kerusakan terletak pada komponen motherboard. Komponen motherboard ini terbai dua yaitu yang paten (onboard) dan yang addon atau bisa dilepas dengan mudah. Sebelum melakukan pengecekan pada motherboard komponen yang onboard, Analisa kerusakan laptop kita mulai melakukan pengecekan pada komponen yang addon atau non onboard lebih dahulu.
  3. Pengecekan dilakukan pada RAM/SODIMM, lakukan penggantian memori atau dengan memindahkan memori ke soket yang lainnya untuk mengetahui apakah hanya soket memori yang bermasalah.
  4. Jika punya processor cadangan lakukan penggantian sementara untuk memastikan kerusakan.
Jika setela Analisa kerusakan laptop pada langkah 2) dan permasalahan masih terjadi dapat kita pastikan permasalahan terjadi pada komponen motherboard lain. Akan dibahas pada kesempatan lain.

Analisa kerusakan laptop untuk Laptop Mati Total

  1. Untuk langkah pertama tama adalah pengecekan pada adapter. Lakukan pengecekan tegangan dengan menggunakan avometer untuk mengetahui adapter mempunyai tegangan atau tidak. Jika tidak lakukan penggantian adapter.
  2. Pada saat penggunaan adaptor hal yang wajib kita lakukan adalah memperhatikan led/lampu indikator pada adapter. Jika ketika jack DC dicolokkan ke laptop dan lampu indikator berkedip/mati maka segera putuskan hubungan dengan Laptop karena sudah bisa dipastikan bahwa ada komponen motherboard yang terjadi listrik singkat alias korsleting.
Led Power Nyala, Kipas Processor jalan tetapi tidak ada display.
  1. Analisa kerusakan laptop yang pertama disini adalah melihat indikator Hard disk bekerja atau tidak. Jika bekerja berarti mesin bekerja tetapi tidak menampilkan display pada monitor. Selanjutnya Gunakan monitor external, jika ada tampilan, kemungkinan terjadi adalah :
  2. Masalah pada Lcd/Led cable. Lakukan penggantian atau dengan cara memperhatikan jika ada bekas putus atau terbakar pada kabel.
  3. Inverter adalah suport balas untuk backlight display. Ciri-cirinya kalau kita perhatikan sebenarnya display tampil tetapi sangat gelap karena backligt mati. Ini dapat disebabkan neon lcd mati atau inverter mati, atau power untuk inverter yang bermasalah. Lakukan penggantian inverter untuk mengetahui apakah inverter dalam keadaan baik atau tidak.
  4. Jika indikator pada HDD tidak menyala atau motherboard menampilkan kode error seperti bunyi atau signal lampu, misalnya bunyi beep atau lampu indikator berkedip, ini menandakan kerusakan terjadi pada komponen motherboard.
Laptop Nyala Jika Pakai Adapter Tetapi Baterei Tidak Terdeteksi.
Perhatikan indikor pada windows battery indikator, lepas battery dalam keadaan laptop hidup, kemudian pasang kembali, kalau battery terdeteksi berarti hanya penginstalan battery yang kurang baik/longgar. Beberapa metoda analisa untuk battery :
  1. Analisa kerusakan laptop untuk battrei yang pertama dilakukan adalah penggantian untuk pengetesan.
  2. Melakukan pengukuran pada battery slot biasanya ada 7 pin dimulai dari negatif (Ground) ditandai pin 2bh lebih panjang dari yg lainnya. Ukur 4pin yang lebih pendek dari ground. Seharusnya output recharging system yang normal mengeluarkan tegangan 2x 3v dan 2x 5v. Jika tegangan tidak keluar atau berubah ubah atau tidak mencukupi tegangan yang dibutuhkan, dapat dipastikan batrei baik dan permasalahan terjadi pada komponen motherboard (recharging system).
  3. Jika pengukuran sesuai seperti standard yang battery butuhkan, dipastikan battery atau komponen pada battery pack yang bermasalah.
  4. Permasalahan juga dapat terjadi akibat perubahan data counter battery yang berubah seperti pada Windows 7.
Demikian Analisa kerusakan laptop untuk tahap awan dan masih ringan untuk dilakukan

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda di Sini, dan di Harapkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baku dan Sopan, Demi Kenyamanan Bersama Terimakasih.

Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Sponsered by Free Blog templates | Blog Tips by Best Blogging Tutorials