Senin, 11 Februari 2013

Cara Instal Ubuntu 12.10

Cara Instal Ubuntu 12.10 

Ubuntu adalah sistem operasi Open Source dan berbasis Linux. Untuk meng-instalnya anda tidak perlu membelinya, namun jika anda ingin mendukung pengembangan Ubuntu, anda bisa melakukan donasi di website resminya. Fitur- fitur Ubuntu tidaklah kalah dengan Windows, dan kebanyakan aplikasinya juga bisa anda instal dengan gratis. Cara instal Ubuntu 12.10 ada dua, yaitu apakah anda ingin meng-instalnya menggunakan Windows installer atau anda ingin meng-instalnya dengan menggunakan Ubuntu Desktop dalam bentuk ISO:

1. Instal Ubuntu dengan Windows installer.
Untuk melakukan cara ini, anda hanya perlu untuk download Windows installer for Ubuntu Desktop atau wubi. Jika anda belum pernah menggunakan Ubuntu sebelumnya, sebaiknya menggunakan cara ini karena mudah dan aman. Setelah anda download, buka dengan double click dan akan terlihat seperti ini:


 

Anda harus membuat User Name dan Password, lalu klik 'Install'. Tunggu proses instalasi Ubuntu selesai lalu restart komputer. Maka ketika anda booting, anda bisa memilih antara Windows atau Ubuntu:



2. Instal Ubuntu dengan Ubuntu Desktop.
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah download Ubuntu Desktop di http://www.ubuntu.com. Setelah anda download Ubuntu Desktop dalam bentuk ISO, maka anda bisa pilih apakah ingin instal dengan menggunakan USB atau DVD. Jika anda ingin instal dengan menggunakan USB, maka anda bisa lihat tutorial Cara Instal Windows/Linux Dari USB. Tapi jika anda ingin instal dengan menggunakan DVD, maka anda bisa lihat tutorial Cara Membuat CD/DVD Yang Bisa Booting.
Setelah anda siapkan DVD atau USB untuk instal Ubuntu, masukkan ke dalam komputer anda lalu restart. Pada saat booting, tekan tombol F12 untuk mengakses Menu Boot dan pilih device yang anda mau gunakan untuk booting, apakah DVD atau USB. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini:



Pada tahap ini, anda bisa pilih bahasa yang anda mau gunakan dan apakah anda mau coba dulu Ubuntu sebelum meng-instalnya. Tapi kami asumsikan anda mau meng-instal Ubuntu, klik 'Install Ubuntu'.


 

Sebaiknya anda pilih 'Download updates while installing' dan 'Install this third party software', kemudian klik 'Continue'

Di sini anda bisa pilih antara instal Ubuntu dual boot dengan Windows atau instal Ubuntu dengan menghapus sistem operasi yang terdapat dalam komputer anda. Diasumsikan anda  mau instal Ubuntu dengan menghapus Windows. Karena kalau anda mau instal Ubuntu dual boot dengan Windows, lebih baik anda gunakan Windows installer for Ubuntu Desktop, lebih mudah dan aman dalam install dan uninstall. Pilih 'Replace Windows with Ubuntu' lalu klik 'Continue'.


Tentukan lokasi anda, kalau sudah tepat, langsung saja klik 'Continue'.



Pilih 'Keyboard layout' yang anda inginkan, lalu klik 'Continue'.



Ketik nama anda dan password yang anda inginkan, sebaiknya anda pilih 'Require my password to login', lalu klik 'Continue'.


 

Selanjutnya instalasi Ubuntu akan berlangsung selama beberapa menit, dan selama proses ini anda bisa lihat fitur- fitur dalam Ubuntu atau melakukan sesuatu yang lain dalam menunggu selesainya instal Ubuntu. Setelah selesai, maka anda diminta untuk restart.

Setelah restart, maka anda sudah bisa menikmati sistem operasi Ubuntu. Kalau ingin mengetahui lebih lengkap atau ada masalah, silakan kunjungi Website resmi http://www.ubuntu.com.

1 komentar:

ppc terbaru mengatakan...

kepada teman blogger..
kami dari ads.kunbero.com menawarkan anda untuk mendaftar menjadi publisher kami...
ads.kunbero.com adalah program PPC terbaru di indonesia...
PPC adalah program periklanan dimana sebagai blogger anda akan mendapatkan uang dari iklan yang anda pasang..
untuk lebih jelasnya langsung saja ke ads.kunbero.com dan mendaftar menjadi publisher kami...
terima kasih

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda di Sini, dan di Harapkan Berkomentar Dengan Bahasa Yang Baku dan Sopan, Demi Kenyamanan Bersama Terimakasih.

Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Sponsered by Free Blog templates | Blog Tips by Best Blogging Tutorials